Uploaded with ImageShack.us

Sabtu, 06 November 2010

satu langkah mudah membaca al-Quran

Al-Quran merupakan pedoman hidup. Tapi hanya segelintir orang yang mampu membacanya dengan baik sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid, menghafal, dan memahaminya.

Bagaimana Al-Quran bisa menjadi pedoman hidup seorang muslim, bila membaca dan memahaminya saja tidak mampu? 191 juta jiwa penduduk muslim Indonesia dari total 220 juta jiwa penduduk Indonesia (64%) belum bisa membaca A-Quran. Sementara yang mampu membaca baru 36%, 16,8% sudah bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Dan yang bisa membaca, mentadaburi dan menafsirkannya baru sebesar 3,6%, sedangkan yang mampu mengamalkannya hanya 0,02%.

Tidak tahu persis apa gerangan penyebab maraknya buta huruf Al-Quran tersebut. Padahal saat ini, berbagai metode mempelajari Al-Quran telah berkembang dan tersebar di berbagai pelosok penjuru tanah air. Patut dijadikan bahan telaah, walaupun metode yang berkembang cukup banyak, namun hanya sedikit metode yang mampu dengan cepat difahami dan diaplikasikan. Sehingga penggunanya dalam waktu relatif singkat bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Berbeda dengan metode lain pada umumnya, kini telah hadir metode belajar Al-Quran terbaru dengan nama metode ‘Asyarah. Buku berjudul 1 langkah mudah membaca Al-Quran karya Ustadz. Yudi Imana ini diyakini mampu mengantarkan setiap orang agar mampu membaca Al-Quran secara cepat dan mudah. Selain itu, metode ini pun memiliki 9 keunggulan yang akan diperoleh, antara lain :

1. Serially, pembelajaran huruf hijaiyah dipelajari sesuai urutan tempat keluarnya bunyi huruf hijaiyyah.

2. Systematic, materi disusun secara bertahap dengan enam sesi pembelajaran.

3. Simple, materi disajikan lebih sederhana dengan menyajikan materi pokok-pokok dasar tilawah saja.

4. Interactive, menggunakan media DVD dalam pengajarannya.

5. Exercise, melatih materi yang telah dipelajari.

6. Rhytm, menggunakan irama khas dalam pembacaannya sesuai kaidah dasar tahsin tilawah.

7. Song, disertai dengan enam lagu pembantu dalam pembelajaran di kelas.

8. Standard, materi sudah melalui proses pentashihan sesuai standar.

9. Research, telah melalui proses penelitian para mahasiswa dalam penyusunan skripsi dan mendapat dari para ahli dibidangnya.

Anda penasaran untuk segera membuktikan betapa mudahnya belajar Al-Quran dengan menggunakan metode ‘Asyarah? Miliki bukunya dan Anda pun akan segara menjadi sahabat Al-Quran. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar